Saat ini Paper.id memiliki fitur DP pada invoice penjualan. Ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk membuatkan invoice down payment tersebut:
1. Anda dapat membuat invoice penjualan dengan memasukan nilai full payment pada invoice (Cara Membuat Sales Invoice). Kemudian pada invoice tersebut, di sisi kanan akan terdapat Opsi Lain lalu pilih Invoice Down Payment/Invoice Uang Muka dan Buat/Pilih Invoice Uang Muka.
- Buat Invoice Uang Muka, Anda membuatkan baru Invoice Uang Muka atas Invoice Penjualannya.
- Pilih Invoice Uang Muka, Anda pilih Invoice Uang Muka yang sudah Anda buatkan sebelumnya.
2. Anda dapat membuatkan invoice down payment melalui menu Invoice Down Payment/Invoice Uang Muka (Cara Membuat Invoice Down Payment), lalu kemudian hubungkan Invoice uang muka tersebut dengan invoice penjualannya (Cara Menghubungkan Invoice Down Payment dengan Invoice Penjualan).
Invoice Penjualan yang telah dihubungkan dengan Invoice Down Payment akan membuat Invoice Penjualan berstatus Partially Paid, jumlah terhutangnya adalah sisa setelah dikurangi dengan nilai dari Invoice Down Payment.
Setelah itu Anda dapat membuat Terima Pembayaran atas invoice down payment yang telah dibuat untuk membuat invoice down payment tersebut berstatus Paid (Cara Membuat Terima Pembayaran). Kemudian, saat pelanggan melakukan pelunasan, maka Anda dapat membuatkan kembali Terima Pembayaran yang akan digunakan sebagai bukti pembayarannya, sehingga invoice terbayarkan seluruhnya dan berstatus "paid". Pembayaran dengan sistem "partially paid" ini tidak dapat menggunakan metode Pembayaran Digital Payment, hanya bisa dengan terima pembayaran secara manual.
Fitur Invoice Down Payment saat ini terdapat untuk Invoice Penjualan. Untuk pembayaran DP ke supplier pada invoice pembelian juga bisa dilakukan dengan cara alternatif dimana Lebih lengkapnya bisa dilihat pada artikel berikut:
Bagaimana Cara Membayar DP ke Supplier? Apakah ada keterangannya?
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.