Di Paper.id, Anda dapat melakukan pencatatan jumlah piutang dan juga rekap data pendapatan setelah menerima pembayaran Sales Invoice.
Selain itu, terima pembayaran Sales Invoice di Paper.id juga langsung terhubung dengan fitur akunting untuk pembukuan dan fitur keuangan untuk mengetahui pemasukkan secara real time.
Pembuatan terima pembayaran di Paper.id dapat dilakukan oleh Owner, Admin dan Marketing
Menerima pembayaran Sales Invoice di Paper.id juga dapat dilakukan dengan dua metode, yakni pencatatan manual maupun pembayaran melalui email, whatsapp atau sms (otomatis jika pembayaran menggunakan Digital Payment Paper.id).
Penerimaan pembayaran secara manual terdiri dari 3 cara:
1. Membuat Terima Pembayaran dari menu Penjualan
a.Klik menu Penjualan > Kuitansi Penjualan.
b.Untuk membuat menu pembayaran baru > klik tombol Buat Pembayaran Masuk di pojok kanan atas.
c. Pada tampilan Terima Pembayaran untuk Invoice, Isi kolom Pembayaran Dari dengan nama pelanggan yang membayarkan tagihannya.
- Tanggal pembayaran berisikan tanggal kapan uang tersebut diterima oleh Anda sebagai pemilik usaha.
- Metode Pembayaran berisikan cara pembayaran yang digunakan user client untuk membayar tagihan invoice.
- Akun keuangan, menentukan penerimaan pembayaran tersebut akan masuk ke akun anda yang mana.
- Di kolom catatan, Anda bisa mencatatkan informasi tambahan terkait dengan pembayaran uang dari pelanggan.
- Pada kolom Kepada Invoice, pilih invoice yang akan dibuatkan pembayarannya dengan mengklik tombol Pilih Invoice Untuk Dibayar. Setelah mengklik tombol tersebut, akan muncul invoice yang masih berstatus Unpaid atau Overdue. Checklist invoice yang akan dibuatkan pembayarannya, kemudian klik Simpan.
- Setelah klik Simpan, data-data invoice akan tertera di kolom Kepada Invoice. Ketik manual jumlah pembayaran yang diterima pada kolom Jumlah Terbayar. Jika sudah selesai, klik Simpan Pembayaran Masuk.
- Apabila jumlah pembayaran sudah dibayar penuh, invoice akan berstatus Paid. Namun apabila invoice baru dibayar sebagian, invoice akan berstatus Partially Paid.
2. Membuat Terima Pembayaran dari menu Lihat Invoice Penjualan
a. Pilih dan buka invoice yang ingin dibuat pembayarannya.
b. Klik tombol Tindakan di pojok kanan atas, lalu pilih Buat Kuitansi Penjualan.
c. Setelah klik Buat pembayaran Masuk, akan muncul tampilan sebagai berikut. Anda dapat melengkapi kolom-kolom yang wajib diisi, ditandai dengan ikon bintang kecil berwarna merah.
- Tanggal pembayaran berisikan jadwal kapan uang tersebut diterima oleh Anda sebagai pemilik usaha
- Metode Pembayaran berisikan cara pembayaran yang digunakan user client untuk membayar tagihan invoice.
- Jumlah berisikan jumlah tagihan yang sudah dibayar oleh client.
- Akun keuangan, menentukan penerimaan pembayaran tersebut akan masuk ke akun anda yang mana.
- Di kolom Catatan, Anda bisa mencatatkan informasi tambahan terkait dengan pembayaran uang dari pelanggan.
- Setelah semua kolom terisi, klik Simpan Pembayaran Masuk. Apabila jumlah pembayaran sudah dibayar penuh, invoice akan berstatus Paid. Namun apabila invoice baru dibayar sebagian, invoice akan berstatus Partially Paid.
3. Membuat Terima Pembayaran dari daftar Invoice Penjualan
a. Pilih dan klik menu Penjualan > Kuitansi Penjualan.
b. Pilih invoice yang akan dibuatkan pembayarannya. Klik tombol Tindakan pada invoice tersebut, lalu pilih Buat Pembayaran Masuk.
c. Setelah memilih Buat Pembayaran Masuk, akan muncul tampilan seperti diatas opsi 2 Kemudian Anda dapat melengkapi kolom-kolom yang wajib diisi, ditandai dengan ikon bintang kecil berwarna merah.
Jika ada kesalahan dalam pembuatan terima pembayaran diatas, Anda bisa melakukan atau hapus terima pembayaran dengan cara berikut :
- Masuk menu Penjualan
- Pilih Kuitansi Penjualan
- Terdapat list-list semua Pembayaran Masuk yang sudah Anda buat.
- Pilih Pembayaran Masuk yang ingin dihapus
- Klik tombol Tindakan, lalu akan muncul 4 pilihan yakni Kirim Kuitansi, Lihat Kuitansi, Ubah, dan Hapus. Pilih Hapus untuk menghapus pembayaran dan pilih ubah untuk mengubah pembayaran .
Implikasi
Ketika payment sudah di buat, juga ikut membuat transaksi keuangan dan membuat jurnal entrynya. Akan langsung menambah dana di akun keuangan yang dipilih dan akan mengurangi piutang pada invoice yang dipilih dan dilaporan.
What’s next?
Cara Mengubah Terima Pembayaran Sales Invoices pada Paper Id
Cara Menghapus Terima Pembayaran Sales Invoice pada Paper Id
Cara Terima Pembayaran Otomatis
Related Articles
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.