Sales Order adalah dokumen penawaran penjualan tertulis yang mengkonfirmasi penjualan atas suatu produk. Sales Order dibuat oleh penjual dan dikirimkan kepada pembeli. Sales Order biasanya berisi informasi tentang detail produk, kuantitas, harga, serta Terms and Condition yang sudah disetujui yang nantinya akan ditawarkan penjual ke pembeli.
Saat pembeli menyetujui dokumen tersebut, maka Sales Order bisa langsung di proses menjadi Sales Invoice.
Purchase Order dapat diartikan sebagai permintaan tertulis yang dibuat untuk pemasok tertentu untuk menyediakan produk dengan kualitas tertentu, harga, kuantitas, serta Terms and Condition yang sudah disepakati. Dokumen ini mengikat pembeli agar dikirimkan produk sesuai dengan yang telah diisi di dokumen tersebut.
Berikut adalah tabel perbandingan antara Sales Order dan Purchase Order
Perbedaan | Purchase Order | Sales Order |
Definisi | Purchase Order adalah dokumen yang digunakan untuk memesan produk | Sales Order adalah dokumen yang digunakan untuk mengkonfirmasi penjualan |
Detail | Dibuat oleh pembeli dan dikirimkan kepada penjual | Dikeluarkan oleh penjual untuk pembeli sebelum penagihan. |
Efek dari Penyetujuan Dokumen | Membuat kontrak antara penjual dan pembeli | Menyetujui penjualan |
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.