Setelah melakukan transaksi dengan pelanggan, Anda pastinya harus membuat Invoice Down Payment atau faktur uang muka untuk pelanggan Anda yang melakukan pembayaran uang muka. Di Paper.id, Anda dapat mencatat Invoice Down Payment sebanyak-banyaknya tanpa harus takut tercecer atau hilang karena sudah tersimpan dalam folder secara otomatis.
Dari Invoice Down Payment yang telah dibuat melalui pembuatan Invoice Down Payment baru, bukan melalui invoice penjualannya, Anda perlu menghubungkan Invoice Down Payment tersebut dengan Invoice Penjualan yang terkait berdasarkan dari pelanggannya.
Untuk menghubungkannya dapat dilakukan dengan 2 cara:
1. Tepat setelah Anda membuat Invoice Down Payment dan klik Simpan dan Konfirmasi atau Simpan dan Kirim, maka akan muncul pesan mau langsung dihubungkan atau tidak, dan tekan Hubungkan untuk langsung menghubungkan.
2. Melalui menu Invoice
- Klik menu invoice > sales invoice atau invoice penjualan
- Lalu pilih Invoice Down Payment atau Invoice Uang Muka
- Setelah itu, muncul daftar Invoice Down Payment yang telah Anda buat. Pilih invoice yang akan Anda hubungkan, lalu klik Lihat Uang Muka
- Lalu pada sisi kanan terdapat kolom Opsi Lain, klik Tambah Dok. Referensi
Cara 1 dan 2, selanjutkan akan menampilkan tampilan yang sama, yaitu buat Invoice Penjualan atau atau Pilih Invoice Penjualan.
- Jika pilih Buat Invoice Penjualan, lalu tekan Lanjut, kemudian akan diarahkan menuju halaman pembuatan Invoice Penjualan.
- Jika Pilih Invoice Penjualan lalu klik Lanjut, maka akan muncul pilihan Invoice Penjualan yang dapat dipilih. Klik Simpan jika sudah dipilih invoice penjualannya.
- Jika sudah berhasil dihubungkan, maka pada sisi kanan Opsi Lain, akan terlihat hasil dari hubungkan Invoice Down Payment dengan Sales Invoice.
Implikasi
Setelah invoice uang muka dihubungkan, maka status invoice penjualannya akan partially paid, dan jumlah terhutangnya akan berkurang sesuai dengan invoice uang muka nya.
Ayat jurnal atau Journal Entry yang terbuat dari Invoice Down Payment akan termasuk pada Akun Akunting Kewajiban kategori Hutang Non-Usaha, yaitu Penjualan dimuka in transit dan Pendapatan diterima di muka.
1. Pembuatan Invoice Down Payment:
- Penjualan dimuka in transit (Credit)
- Piutang Usaha (Debit)
2. Menyambungkan Invoice Down Payment dengan Invoice Penjualan:
- Piutang Usaha (Credit)
- Pendapatan diterima di muka (Debit)
3. Saat membuatkan Pembayaran Masuk atas Invoice Down Payment:
- Pendapatan diterima di muka (Credit)
- Piutang Usaha (Credit)
- Penjualan dimuka in transit (Debit)
- Kas/Bank (Debit)
Related Articles
Menghapus Invoice Down Payment
Cara Membuat Invoice Penjualan
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.