Paper Horizon Card adalah Kartu Kredit Korporat untuk mengelola pengeluaran perusahaan dalam melakukan pembayaran secara virtual dengan tempo sampai dengan 60 hari.
Syarat Pengajuan
- Perusahaan berbadan usaha PT atau CV yang sudah berdiri minimal 2 tahun dan ingin melakukan pengajuan atas nama Perusahaan dan bukan atas nama owner secara individu
- Mampu melakukan penempatan dana atas syarat pembukaan Paper Virtual Corporate Card, salah satunya:
- Jika sudah menjadi user Paper.id, maka avg TPV bulanan harus > 100 jt di Paper (3 bulan terakhir, minimal 3 bulan)
- Apabila belum memiliki histori yang cukup di paper, melakukan setidaknya 3x transaksi di Paper dan bersedia memberikan laporan keuangan 2 tahun terakhir dan tahun berjalan
- Usaha sudah berjalan minimal 2 tahun (berdasarkan dokumen legalitas)
- Pengurus tidak berelasi dengan PEP
- Perusahaan profitable dan memiliki rasio keuangan yang relatif baik
- Apabila belum profitable, memiliki posisi cash (atau setara cash) yang mencukupi
Keunggulan Paper Horizon Card
- Pembuatan akun cukup 5 hari kerja dan syarat yang fleksibel
- Dapat digunakan untuk pembayaran vendor yang belum menerima CC
- Rewards maksimal untuk transaksi bisnis: tempo 60 hari, cashback 0.5% di platform subscription, biaya transaksi rendah untuk pembayaran vendor
- Biaya transaksi 1.1%
Syarat yang harus dipenuhi
- Perusahaan berbadan usaha PT atau CV yang sudah berdiri minimal 2 tahun dan ingin melakukan pengajuan atas nama Perusahaan dan bukan atas nama owner secara individu
- Mampu melakukan penempatan dana atas syarat pembukaan Paper Virtual Corporate Card, salah satunya:
- Jika sudah menjadi user Paper.id, maka avg TPV bulanan harus > 100 jt di Paper (3 bulan terakhir, minimal 3 bulan)
- Apabila belum memiliki histori yang cukup di paper, melakukan setidaknya 3x transaksi di Paper dan bersedia memberikan laporan keuangan 2 tahun terakhir dan tahun berjalan
- Usaha sudah berjalan minimal 2 tahun (berdasarkan dokumen legalitas)
- Pengurus tidak berelasi dengan PEP
- Perusahaan profitable dan memiliki rasio keuangan yang relatif baik
- Apabila belum profitable, memiliki posisi cash (atau setara cash) yang mencukupi
Perbedaan Credit (Penempatan Dana) dan Prepaid (Tanpa Penempatan Dana)
Cara Pengajuan Paper Horizon Card
- Untuk mendaftar Paper Horizon Card, Anda dapat membuka menu nya dan klik “Daftar Sekarang” Apply Paper Horizon Card
- Masukkan referral code (jika ada), kode ini bisa didapatkan jika Anda telah di kontak secara personal oleh tim Paper
- Masukkan data-data diri dan perusahaan, pastikan untuk aktivitas usaha sesuai dengan NIB serta jika tidak melakukan penempatan dana (non-prepaid/credit) nominal jaminan dapat dikosongkan.
- Masukkan data partner (Customer dan Supplier) untuk proses analisa tim terkait
- Masukkan dokumen legalitas dalam satu link Google Drive yang dapat diakses oleh tim Paper.id. Pastikan seluruh isian wajib telah diisikan dan sesuai dokumen legalitasnya.
- Jika Anda telah mengisi semua data yang dibutuhkan, Anda bisa melanjutkan proses Tanda tangan persetujuan. Pastikan seluruh data diisikan dengan benar dan untuk nama penandatanganan bisa lebih dari 1 orang.
- Review kelengkapan data, checklist consent pengajuan & kebijakan privasi hanya bisa dilakukan oleh role Owner untuk memastikan bahwa hanya pihak berwenang yang menyetujui hal tersebut. Anda dapat menyelesaikan pengajuan dengan menyetujui semua pernyataan
- Setelah melakukan pengajuan, proses analisa, tanda tangan dan aktivasi akan ditampilkan pada Landing Page user.
-
User Prepaid Penempatan Dana 1:1.1 - SLA 5 hari kerja
- Pengajuan Masuk
- Proses Analisa dan Validasi Dokumen
- Dokumen Legalitas
- Permintaan Keterangan Tambahan
- Persetujuan Pengajuan
- Proses tanda tangan digital oleh user
- Penempatan Dana
- Validasi oleh tim internal
- Aktivasi Akun Paper Horizon Card
-
User Prepaid Penempatan Dana 1:>1.1 - SLA 14 hari kerja
- Pengajuan Masuk
- Proses Analisa dan Validasi Dokumen
- Dokumen Legalitas
- Dokumen Keuangan
- Permintaan Keterangan Tambahan (jika diperlukan)
- Persetujuan Pengajuan
- Proses tanda tangan digital oleh user
- Penempatan Dana
- Validasi oleh tim internal
- Aktivasi Akun Paper Horizon Card
-
User Tanpa Penempatan Dana - SLA 14 hari kerja
- Pengajuan Masuk
- Proses Analisa dan Validasi Dokumen
- Dokumen Legalitas
- Dokumen Keuangan
- Permintaan Keterangan Tambahan
- Persetujuan Pengajuan
- Proses tanda tangan digital oleh user
- Aktivasi Akun Paper Horizon Card
-
User Prepaid Penempatan Dana 1:1.1 - SLA 5 hari kerja
Role Paper Horizon Card
Paper Horizon Card memiliki 3 role yang dapat membedakan akses per tiap usernya
- Owner : role dengan kemampuan setara super admin, di mana pengguna dapat melakukan semua aktivitas, seperti pembuatan kartu, approval atau rejection kartu, aktivasi atau deaktivasi kartu, melihat detail transaksi per kartu, melihat tagihan (billing), melakukan top-up kartu, dan berbagai aktivitas lainnya
- Admin: role dengan kemampuan untuk menyetujui (approve) atau menolak (reject) permintaan kartu (card request), namun tidak dapat mengajukan permintaan kartu
- Spender: role dengan kemampuan terbatas. User dengan role ini hanya dapat mengajukan permintaan kartu atas nama sendiri, melihat permintaan kartu yang diajukan sendiri, melihat transaksi atas nama sendiri, melihat kartu yang dimiliki, dan melakukan deaktivasi kartu atas nama sendiri
Sebagai Owner atau super admin, anda dapat menambahkan akses kepada employee Anda dengan klik Pengaturan yang terdapat pada pojok kanan atas, kemudian pilih role dan pengguna.
Untuk memberikan akses role admin atau approver kepada user tersebut, Anda dapat melakukan request kepada tim Paper.id
Sebagai owner, Anda dapat melihat informasi terkait limit pada dashboard Anda, dimana terdapat informasi Available limit, Issuance limit, dan summary kartu yang sudah di issue maupun yang masih pending
Cara Pembuatan dan Persetujuan Kartu
Sebagai user yang sudah memiliki akses ke Paper Horizon Card, Anda dapat melakukan pembuatan kartu dengan cara:
- Anda menuju Dashboard Paper Horizon Card -> pilih menu Requested card -> klik button Issue New Card, dan isi seluruh data dengan sesuai kemudian klik Submit.
- Saat Anda telah melakukan submit, maka status request card Anda adalah In Review
- Untuk dapat melakukan aktivasi kartu, sebagai Approver atau Admin, Anda dapat melakukan review dan melakukan approve atau reject untuk kartu yang di request pada menu Requested Card -> klik button view detail atau langsung klik approve atau reject
- Apabila kartu yang di request telah disetujui, maka user PIC tersebut dapat melakukan transaksi
Set up revolving limit
Setiap kartu yang Anda request, Anda dapat menentukan kebijakan pembaharuan limit, yang dibagi menjadi 3:
- Revolving Limit merupakan limit kartu yang dapat diisi ulang secara berkala dan pemakaiannya dapat dipakai berulang kali sampai kartunya expired atau cancel
- Non Revolving Limit merupakan limit yang tidak dapat di isi ulang secara berkala dan pemakaiannya bisa berulang kali sampai limit kartunya habis
- One Time merupakan kartu yang hanya dapat digunakan untuk satu kali transaksi, terlepas dari berapa pun limitnya. Jika setelah satu kali transaksi masih terdapat sisa limit pada kartu, sisa limit tersebut akan kembali ke limit penerbitan, karena kartu akan dinonaktifkan
Cara Melihat Detail Kartu
Kartu yang telah disetujui, dapat melakukan transaksi baik di Paper.id maupun di luar Paper.id
Untuk melihat detail kartu, Anda dapat melakukan:
- Pada table Issued Card, Anda dapat klik button action -> klik view detail
- Pada card detail, Anda dapat klik button show
- Kemudian klik slide untuk lihat detail kartu dan input OTP yang dikirimkan
- Maka Anda telah dapat melihat Nomor Kartu, Expired Date dan juga CVV yang akan digunakan pada saat bertransaksi
Cara Melakukan Pembayaran PaperPay Out Menggunakan Paper Horizon Card
Paper Horizon Card dapat Anda lakukan untuk bertransaksi di Paper.id dengan cara:
- Anda dapat melakukan pembayaran menggunakan Paper Horizon Card pada menu Paper Payout
- Anda dapat menuju halaman PaperPay Out, lalu pilih opsi Pembayaran Invoice atau Pembayaran Biaya Lainnya
- Sebagai contoh jika memilih Pembayaran Biaya Lainnya.
- Pada Pembayaran Lainnya Anda dapat mengisi informasi penerima, nominal pembayaran, berita acara, lampiran, dan memilih nomor rekening penerima
- Kemudian saat pemilihan metode pembayaran, Anda dapat memilih opsi Kartu Kredit
- Pada halaman pengisian kartu Kredit, Anda dapat mengisi nomor kartu, expired date dan juga CVV
- Setelah semua data benar, Anda dapat klik Bayar Sekarang
Cara Bayar Menggunakan Paper Horizon Card di Aplikasi DANA
- Buka aplikasi DANA dan pilih menu "PAY"
- Scan kode QR atau pilih langsung dari galeri
- Masukan nominal dan pilih "Continue"
- klik "Change" untuk mengganti metode pembayaran
- Pilih "Debit/Credit Card"
- Masukkan nomor Paper Virtual Card lalu klik "Pay"
- Masukan PIN DANA Anda
- Transaksi berhasil
Cara Melakukan Pembayaran Tagihan Paper Horizon Card
Untuk melakukan repayment, Anda dapat melakukan dengan beberapa metode seperti transfer realtime (Jangan memilih bi-fast), atau menggunakan RTGS jika repayment diatas 100 juta
Cara pembayaran via transfer realtime:
- Mobile Banking BNI
- Pada BNI Mobile Banking Anda, pilih menu Transfer.
- Pilih menu Virtual Account Billing, lalu pilih rekening debet.
- Masukkan nomor Virtual Account Anda (contoh: 123456788) pada menu Input Baru.
- Masukkan Jumlah Pembayaran.
- Pastikan informasi yang tampil sudah tepat, pilih OK, kemudian masukkan PIN Anda.
- Pembayaran tagihan Paper Horizon Card Anda telah berhasil.
- Mobile Banking selain BNI (BRI/BCA/Mandiri/lainnya)
- Pada Aplikasi Mobile Banking Anda, pilih menu Transfer.
- Pilih menu Transfer Antar Bank atau Transfer Online Antar Bank.
- Masukkan kode bank BNI (009) atau pilih bank yang dituju yaitu BNI.
- Masukkan Nomor Virtual Account(contoh: 123456788) pada kolom rekening tujuan.
- Masukkan Jumlah Pembayaran.
- Pilih Layanan Transfer REALTIME ONLINE (dimohon untuk tidak menggunakan layanan BI-Fast).
- Pastikan informasi yang tampil sudah tepat, pilih OK, kemudian masukkan PIN Anda.
- Pembayaran tagihan Paper Horizon Card Anda sudah berhasil.
- ATM BNI
- Masukkan Kartu Anda.
- Pilih Bahasa.
- Masukkan PIN ATM Anda.
- Kemudian, pilih Menu Lainnya.
- Pilih Transfer dan pilih Jenis rekening yang akan Anda gunakan (Contoh: “Dari Rekening Tabungan”).
- Pilih Virtual Account Billing. Masukkan nomor Virtual Account Anda (contoh: 123456788)
- Masukkan Jumlah Pembayaran.
- Pastikan informasi yang tampil sudah tepat, pilih lanjutkan pembayaran, kemudian masukkan PIN Anda.
- Pembayaran tagihan PVCC Anda sudah berhasil.
- Cabang atau Outlet BNI (Teller)
- Kunjungi Kantor Cabang/Outlet BNI terdekat.
- Informasikan kepada Teller, bahwa Anda ingin melakukan pembayaran Virtual Account Billing.
- Serahkan nomor Virtual Account Anda (contoh: 123456788) kepada Teller.
- Teller akan melakukan konfirmasi kepada Anda dan akan memproses Transaksi.
- Apabila transaksi Sukses, Anda akan menerima bukti pembayaran dari Teller tersebut.
- Masukkan kartu ke mesin ATM Bersama.
- Pilih Transaksi Lainnya.
- Pilih menu Transfer.
- Pilih Transfer ke Bank Lain.
- Masukkan kode bank BNI (009) dan Nomor Virtual Account Anda (contoh: 123456788)
- Pastikan informasi yang tampil sudah tepat, pilih lanjutkan pembayaran, masukkan PIN Anda.
- Pembayaran tagihan Paper Horizon Card Anda sudah berhasil.
- Via RTGS (minimal pembayaran 100 juta)
- Buka web bank Anda.
- Pilih layanan transfer antar bank.
- Masukkan kode bank BNI (009) dan Nomor Virtual Account Anda (contoh: 123456788)
- Masukkan Jumlah Pembayaran.
- Pilih layanan transfer RTGS (Anda akan dikenakan biaya sekitar 25ribu-50 ribu rupiah/ transfer, tergantung dari Bank Anda)
- Pastikan informasi yang tampil sudah tepat, pilih lanjutkan pembayaran, kemudian masukkan PIN Anda.
- Pembayaran tagihan Paper Horizon Card Anda sudah berhasil, layanan RTGS memiliki waktu pemrosesan 2-3 jam dari waktu pembayaran. Limit akan kembali setelah pembayaran Anda diproses oleh bank
- Via Paper.id dengan fitur PaperPay Out
- Tambahkan PVCC Repayment sebagai Mitra
- Masuk ke pengaturan Mitra Anda.
- Tambahkan PVCC Repayment sebagai mitra baru:
- Email: financing@paper.id
- Nomor Telepon: Gunakan nomor telepon Anda sendiri untuk kemudahan.
- Atur Tujuan Pembayaran
- Masukkan Nomor Virtual Account (VA) BNI Anda sebagai tujuan pembayaran.
- Buat Permintaan Pay Out Request (PYOR)
- Masuk ke bagian PaperPay Out dan buat Pay Out Request (PYOR).
- Pilih metode pembayaran:
- Virtual Account (VA)
- Transfer Manual BCA
- Catatan : Jika selain metode VA dan Manual BCA, pembayaran akan gagal.
- Masukkan Jumlah Pembayaran
- Input jumlah pembayaran yang ingin Anda lunasi.
- Jika memilih Transfer Manual BCA, pastikan untuk memasukkan kode pembayaran unik agar transaksi berhasil diproses.
- Cek Pembaruan Limit
- Setelah pembayaran selesai, cek dashboard PVCC Anda untuk memastikan apakah limit sudah diperbarui.
- Catatan: Pembaruan limit dapat memakan waktu hingga 1 jam.
- Hubungi Customer Service Jika Diperlukan
- Jika limit Anda belum diperbarui setelah 1 jam, silakan hubungi Customer Service kami untuk bantuan lebih lanjut.
- Tambahkan PVCC Repayment sebagai Mitra
Catatan
Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Customer Success Paper.id melalui fitur Live Chat atau email ke support@paper.id.
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.