-
Apa itu PaperXB?
-
PaperXB adalah layanan dari Paper.id untuk transaksi bisnis pembayaran ke supplier luar negeri menggunakan kartu kredit. Dengan PaperXB, pengguna dapat menikmati keuntungan pembayaran yang lebih baik, kurs kompetitif, dan proses yang lebih cepat dibandingkan dengan transfer bank tradisional.
-
-
Bagaimana cara mengaktifkan fitur PaperXB?
-
Untuk menggunakan PaperXB, pengguna harus melakukan aktivasi dengan langkah-langkah berikut:
-
Anda dapat menghubungi Customer Success Paper.id dengan melampirkan data-data berikut
-
Nama PIC User
-
Email Terdaftar
-
No. WA yang dapat dihubungi
-
Kebutuhan Transaksi
-
Negara Tujuan Transaksi dan Mata Uang Transaksi
-
Nominal Rata-rata per Transaksi dan per Bulan
-
-
Pastikan Akun Sudah Terverifikasi (KYB)
-
Pengguna harus sudah menyelesaikan verifikasi Bisnis (KYB) di Paper.id. Untuk detail lengkapnya cara verifikasi bisa di cek di artikel berikut Cara Verifikasi usaha
-
Jika belum, nantinya saat mencoba mengakses PaperXB, sistem akan menampilkan pop-up untuk melakukan verifikasi akun terlebih dahulu.
-
-
Aktivasi PaperXB dari Dashboard PayOut (Setelah dihubungi oleh tim Paper.id)
-
Masuk ke akun Paper.id dan buka Dashboard PayOut.
-
Pilih PaperXB pada daftar metode pembayaran.
-
Jika PaperXB belum aktif, sistem akan meminta pengguna untuk mengisi data remitter (pengirim dana), termasuk:
-
Nama bisnis (sesuai KYC/KYB)
-
Nomor telepon bisnis
-
Nomor Identitas/NIB (jika perusahaan)
-
Alamat lengkap & kode pos
-
-
Klik Aktivasi dan sistem akan menyimpan data remitter.
-
-
Aktivasi dari Payment Settings (Pengaturan Pembayaran)
-
Masuk ke Pengaturan → Payment Settings → PaperPay Out Settings.
-
Jika PaperXB belum aktif, akan muncul tombol "Activate PaperXB".
-
Klik tombol tersebut dan isi data remitter sesuai dengan data bisnis.
-
-
-
-
Bisa kirim ke negara mana saja?
-
Saat ini, PaperXB mendukung pengiriman dana ke berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, China (Dalam Pengembangan), Thailand, Malaysia dan Singapura. Daftar negara yang didukung akan terus dilakukan pembaruan sesuai dengan regulasi dan kebutuhan pengguna.
-
-
Bagaimana cara mengirimkan uangnya?
-
Pengguna dapat mengirim uang melalui PaperXB dengan langkah sebagai berikut:
-
Lengkapi detail pengirim (remitter).
-
Masukkan detail penerima (beneficiary) seperti nama, negara, nama bank, nomor rekening, dan invoice dari supplier sebagai underlying document.
-
Pilih mata uang dan jumlah transfer.
-
Lihat kurs dan biaya transfer yang berlaku.
-
Pilih metode pembayaran (saat ini hanya menggunakan kartu kredit).
-
Konfirmasi transaksi dan selesaikan pembayaran.
-
-
-
Apakah bisa transfer dari luar negeri ke Indonesia?
-
Saat ini, PaperXB hanya bisa digunakan untuk pengiriman uang dari Indonesia ke luar negeri dan belum menyediakan layanan untuk menerima dana dari luar negeri ke Indonesia.
-
-
Berapa jumlah nilai minimal dan maksimal transfer?
-
-
Jumlah minimal transfer: 1 unit mata uang tujuan (misalnya 1 USD atau 1 SGD).
-
Jumlah maksimal transfer: USD 1 juta per transaksi (untuk USD, batas maksimal dapat berbeda tergantung mata uang dan regulasi negara tujuan).
-
-
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk transfer uang ke luar negeri?
-
-
3-4 hari kerja setelah pembayaran berhasil dilakukan.
-
-
Berapa biaya untuk transfer uang internasional?
-
-
Biaya transfer: 25 USD
-
Biaya layanan dikenakan berdasarkan metode pembayaran.
-
-
Apakah transaksi yang sedang dalam proses dapat dibatalkan?
-
-
Jika transaksi sudah diproses, maka pembatalan tidak dapat dilakukan.
-
-
Apakah PaperXB aman digunakan?
-
Ya, PaperXB aman digunakan karena:
-
Terintegrasi dan telah memiliki lisensi dan regulasi sesuai standar perbankan Indonesia.
-
Menggunakan enkripsi data dan keamanan tingkat tinggi untuk melindungi informasi transaksi.
-
Semua transaksi melalui SWIFT atau Local ACH, sistem yang telah digunakan secara global dan memiliki standar keamanan ketat.
-
-
-
Apa itu SWIFT Code, Local Bank Code, dan ACH Code ?
-
Kode unik untuk mengidentifikasikan bank beneficiary dalam suatu proses transaksi
-
-
Apa itu RFI (Request for Information)?
-
RFI atau Request for Information adalah kondisi dimana Partner atau Bank meminta informasi tambahan atau klarifikasi atas transaksi bisnis yang dilakukan oleh Pengguna.
-
-
Apa yang harus saya lakukan apabila menghadapi kondisi RFI?
-
Apabila RFI ini terjadi, Pengguna akan mendapatkan WhatsApp dan Email terkait informasi tambahan atau klarifikasi yang diminta, beserta dengan instruksi penyampaiannya.
-
Jika Pengguna tidak meresponi permintaan RFI tersebut dalam 1 X 24 jam, maka transaksi akan dibatalkan secara langsung oleh pihak Paper.id
-
-
Apakah saya perlu khawatir apabila menghadapi kondisi RFI?
-
Pengguna tidak perlu khawatir akan hal ini. RFI hanya mungkin terjadi apabila Partner atau Bank perlu memverifikasi keabsahan transaksi tersebut.
-
Catatan
Informasi lebih lanjut tentang PaperXB, Anda bisa menghubungi Customer Success Paper.id melalui fitur Live Chat atau email ke support@paper.id. Untuk saat ini PaperXB hanya tersedia untuk selected users.
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.