Di menu Mitra, Anda dapat mencatat keterangan Supplier, Client, maupun Both (Supplier yang juga merangkap sebagai Client).
Untuk membuat Mitra pada Paper.id, sangatlah mudah karena bisa diakses oleh Owner (pemilik) usaha, Admin dan juga Marketing.
Pendaftaran Mitra baru pada Paper.id dapat dilakukan dengan 3 cara, sebagai berikut:
1. Membuat langsung dari menu Mitra
2. Membuat Mitra dari menu invoice
3. Membuat Mitra dari import data Mitra
4. Membuat Mitra dari menu payout
Tutorial dan penjelasannya bisa dilihat dibawah ini:
1. Membuat langsung dari menu Mitra
- Klik menu Mitra lalu klik tombol biru bertuliskan “Buat Mitra Baru” di kanan atas halaman Semua Mitra.
- Pilih Tipe Mitra anda apakah Supplier, Client, atau Both
- Isi Kontak, Alamat, dan Lain-Lain; lalu klik Simpan.
- Mitra Baru terbuat
2. Membuat Mitra dari menu Invoice:
- Klik menu Invoice
- Pilih menu Invoice Penjualan
- Klik tombol biru bertuliskan “Buat Invoice Baru” di kanan atas halaman Invoice Penjualan
- Pada bagian Pelanggan, klik tombol biru bertuliskan “Buat Mitra Baru”
- Pilih Tipe Mitra anda apakah Supplier, Client, atau Both
- Isi Kontak, Alamat, dan Lain-Lain; lalu klik Simpan
- Mitra Baru terbuat.
3. Membuat Mitra dari Import Data Mitra:
- Anda ke menu Mitra/Partner, setelah itu klik "Import Data Mitra"
- Setelah itu Anda pilih salah satu Jenis Mitra yang ingin di Import lalu klik "Lanjutkan" yang ada di bawah kanan halaman. Ada 3 Jenis Mitra :
a. Pemasok atau Supplier
b. Pelanggan atau Customer
c. Keduanya atau Both
- Anda bisa download file template Mitra terlebih dahulu dengan klik "Download contoh file template Mitra".
- Setelah file template berhasil didownload, silakan Anda isikan file excel templatenya. Mohon pastikan untuk kolom No. Mitra, Nama, dan Telp wajib diisi, sedangkan kolom lainnya optional (boleh tidak diisi). Untuk melihat format pengisian dapat klik tab "Instruction" yang terletak di kiri bawah. Setelah itu Save file.
a. No.Mitra : no mitra yang sesuai dengan yang Anda inginkan
b. Nama : nama mitra Anda yang ingin daftarkan
c. Email : email dari mitra Anda
d. Telp. : No. Telp. Dari mitra Anda
e. Telpon Seluler : no. telp seluler mitra Anda
f. Alamat Baris 1 : alamat dari mitra Anda
g. Alamat Baris 2 : diisi dengan alamat dari mitra Anda
h. Kota/Kabupaten : kota/kabupaten asal dari mitra Anda
i. Provinsi : provinsi asal dari mitra Anda
j. Kode Pos : kode pos mitra Anda
k. Negara : negara asal dari mitra anda
l. Website : website yang dimiliki oleh mitra Anda
m. Catatan : memberikan catatan mitra Anda - Apabila File sudah di save, maka Anda klik "Unggah file Mitra Anda", lalu pilih file yang ingin diimport.
- Selanjutnya Anda mengisi nama kolom dengan klik di masing-masing kolom. Pastikan Anda telah memilih kolom yang wajib dipilih (No. Mitra, Nama, dan Telp). Setelah itu klik "Lanjutkan" yang ada di bagian bawah kanan halaman.
- Data Mitra Anda sudah berhasil diimport, lalu klik "Simpan" pada bagian bawah kanan halaman. Setelah itu akan muncul Popup Message, lalu klik "Iya, Lajutkan".
- Apabila saat unggah file mengalami gangguan akibat kesalahan pada informasi yang dimasukkan, maka akan akan diarahkan kepada halaman pembetulan. Perlu diperhatikan bahwa Jika Anda ingin melanjutkan, maka data yang tidak sesuai akan dihapus, seperti yang tertera di kiri bawah.
a. Unduh/download file Excel yang berisikan data yang tidak sesuai.
b. Akan ada pesan didalam file tersebut bagian mana yang harus diperbaiki. Lakukan perbaikan yang sesuai dan untuk melihat format penulisan dapat dilihat di Instruction. Lalu simpan file Excel tersebut.
c. Unggah kembali file Excel yang telah diperbaiki. Lalu lanjutkan proses dengan klik "Lanjutkan" di kanan bawah.
4. Membuat Mitra dari Import Data Mitra :
- Klik menu Pembayaran Digital
- Pilih menu Paper Payout
- Klik tombol bertuliskan “Kirim Pembayaran” di bagian bawah Pembayaran Biaya Lainnya
- Pada bagian Nama Penerima, klik tombol bertuliskan “Buat Mitra Baru”
- Pilih Tipe Mitra anda apakah Supplier, Client, atau Both
- Isi Kontak, Alamat, dan Lain-Lain; lalu klik Simpan
- Mitra Baru terbuat.
Implikasi
Mitra berpengaruh terhadap Pembuatan Invoice, Order, Surat Jalan, dan Penerimaan Barang. Untuk di Purchase Order, Purchase Invoice, dan Penerimaan Barang menggunakan mitra bertipe Supplier. Sedangkan untuk Sales Order, Sales Invoice, dan Surat Jalan menggunakan mitra bertipe Client. Namun untuk mitra dengan tipe Both bisa melakukan transaksi untuk tipe Supplier dan Client.
What’s next?
Related Articles
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.