Di menu Mitra, Anda dapat mencatat keterangan Supplier, Client, maupun Supplier dan Client (Supplier yang juga merangkap sebagai Client).
Pendaftaran Mitra baru pada Paper.id dapat dilakukan dengan 4 cara, sebagai berikut:
1. Membuat langsung dari menu Mitra
2. Membuat Mitra dari menu invoice
3. Membuat Mitra dari import data Mitra
4. Membuat Mitra dari menu PaperPay Out
Tutorial dan penjelasannya bisa dilihat dibawah ini:
1. Membuat langsung dari menu Mitra
- Klik menu Mitra lalu klik tombol biru bertuliskan “Buat Mitra Baru” di kanan atas halaman Semua Mitra.
- Pilih Tipe Mitra anda apakah Supplier, Client, atau Client & Supplier
- Isi kolom-kolom berikut ini :
- Kolom Wajib
- No. Mitra
- Nama
- No. Telepon Pengguna (berfungsi untuk notifikasi transaksi PaperPay Out
- Kolom Opsional
- Email (berfungsi untuk kirim dokumen dan notif pembayaran)
- Telepon Seluler (berfungsi untuk kirim dokumen dan notif pembayaran)
- No Akun Virtual
- Alamat Baris 1
- Alamat Baris 2
- Kota/Kabupaten
- Kode Pos
- Provinsi
- Negara
- Website
- Catatan
- Kolom Wajib
- Jika mitra Anda memiliki beberapa informasi kontak tujuan dalam satu perusahaan yang sama, Anda dapat menambahkan data tersebut pada bagian ini. Informasi Kontak tambahan dapat dijadikan sebagai Contact Person (UP) pada pembuatan dokumen bisnis Anda.
ingin menambahkan kontak tambahan (jika ada kontak lainnya selain nomor yang telah ada), Anda bisa menambahkan kontak tambahan di sebelah kiri - Informasi rekening bisa Anda isikan, rekening supplier untuk mempermudah Anda bertransaksi Payout.
- Selain itu, Anda juga dapat mengatur metode pembayaran untuk pembayaran digital Paperpay In. Untuk pengaturan Akun sudah default (Hutang Usaha dan Piutang Usaha).
- Jika sudah semua diisikan, bisa klik Simpan
- Mitra Baru terbuat
2. Membuat Mitra dari menu Invoice:
- Klik menu Invoice
- Pilih menu Invoice Penjualan
- Klik tombol biru bertuliskan “Buat Invoice Baru” di kanan atas halaman Invoice Penjualan
- Pada bagian Pelanggan, klik tombol biru bertuliskan “Buat Mitra Baru”, setelah itu ikuti langkah-langkah sama dengan diatas.
3. Membuat Mitra dari Import Data Mitra:
- Anda ke menu Mitra/Partner, Tindakan Lain setelah itu klik "Unggah Data Mitra"
- Setelah itu Anda pilih salah satu Jenis Mitra yang ingin di Import lalu klik "Lanjutkan" yang ada di bawah kanan halaman. Ada 3 Jenis Mitra :
a. Pemasok atau Supplier
b. Pelanggan atau Customer
c. Keduanya atau Both
- Anda bisa download file template Mitra terlebih dahulu dengan klik "Download contoh file template Mitra".
- Setelah file template berhasil didownload, silakan Anda isikan file excel templatenya. Mohon pastikan untuk kolom No. Mitra, Nama Mitra, dan No. Telepon wajib diisi, sedangkan kolom lainnya optional (boleh tidak diisi). Untuk melihat format pengisian dapat klik tab "Instruction" yang terletak di kiri bawah. Setelah itu Save file.
a. No.Mitra: no mitra yang sesuai dengan yang Anda inginkan
b. Nama: nama mitra Anda yang ingin daftarkan
c. Email: email dari mitra Anda
d. No. Telepon: no. telepon utama dari mitra Anda
e. Telepon Seluler: no. telepon seluler mitra Anda
f. Alamat Baris 1: alamat dari mitra Anda
g. Alamat Baris 2: diisi dengan alamat dari mitra Anda
h. Kota/Kabupaten: kota/kabupaten asal dari mitra Anda
i. Provinsi: provinsi asal dari mitra Anda
j. Kode Pos: kode pos mitra Anda
k. Negara: negara asal dari mitra anda
l. Website: website yang dimiliki oleh mitra Anda
m. Catatan: memberikan catatan mitra Anda
- Apabila File sudah disimpan, maka Anda klik "Unggah file Mitra Anda", lalu pilih file yang ingin diimport.
- Selanjutnya Anda mengisi nama kolom dengan klik di masing-masing kolom. Pastikan Anda telah memilih kolom yang wajib dipilih (No. Mitra, Nama, dan Telp). Setelah itu klik "Lanjutkan" yang ada di bagian bawah kanan halaman.
- Data Mitra Anda sudah berhasil diimport, lalu klik "Simpan Mitra" pada bagian bawah kanan halaman. Setelah itu akan muncul Popup Message, lalu klik "Iya, Lanjutkan".
- Apabila saat unggah file mengalami gangguan akibat kesalahan pada informasi yang dimasukkan, maka akan akan diarahkan kepada halaman pembetulan. Perlu diperhatikan bahwa Jika Anda ingin melanjutkan, maka data yang tidak sesuai akan dihapus, seperti yang tertera di kiri bawah.
a. Unduh/download file Excel yang berisikan data yang tidak sesuai.
b. Akan ada pesan didalam file tersebut bagian mana yang harus diperbaiki. Lakukan perbaikan yang sesuai dan untuk melihat format penulisan dapat dilihat di Instruction. Lalu simpan file Excel tersebut.
c. Unggah kembali file Excel yang telah diperbaiki. Lalu lanjutkan proses dengan klik "Lanjutkan" di kanan bawah.
4. Membuat Mitra dari Menu Pembayaran Digital PaperPay Out :
- Klik menu Pembayaran Digital
- Pilih menu PaperPay Out
- Klik tombol bertuliskan “Kirim Pembayaran” di bagian bawah Pembayaran Biaya Lainnya
- Pada bagian Nama Penerima, klik tombol bertuliskan “Tambah” dan ikuti langkah-langkah pengisian mitra sesuai informasi diatas.
Setelah Anda berhasil membuat Mitra baru, anda bisa melakukan Ubah dan Hapus pada Mitra jika ada kesalahan pada saat penginputan. Untuk mengubah atau menghapus Mitra Anda dapat memilih mitranya kemudian klik Tindakan > Ubah atau Tindakan > Hapus.
Implikasi
Mitra berpengaruh terhadap Pembuatan Invoice, Order, Surat Jalan, dan Penerimaan Barang. Untuk di Purchase Order, Purchase Invoice, dan Penerimaan Barang menggunakan mitra bertipe Supplier. Sedangkan untuk Sales Order, Sales Invoice, dan Surat Jalan menggunakan mitra bertipe Client. Namun untuk mitra dengan tipe Both bisa melakukan transaksi untuk tipe Supplier dan Client.
What’s next?
Related Articles
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.