A. Ketika kita ingin mengirim/memindahkan barang dari Gudang A ke Gudang B, bagaimana perlakuannya?
Untuk pemindahan Stok Barang dari Gudang A ke Gudang B bisa menggunakan Dokumen Pemindahan Internal.
Untuk lebih jelasnya bisa mengunjungi link berikut: Cara Pembuatan Pemindahan Internal
B. Jika terjadi pengurangan barang akibat rusak dan sebagainya, bagaimana mencatatnya?
Anda dapat melakukan penyesuaian stok, yaitu dengan membuat dokumen penyesuaian stok, lalu memilih option pengurangan, dan memilih produk yang rusak tersebut.
Untuk lebih jelasnya dalam pembuatan dokumen penyesuaian bisa mengunjungi link berikut: Cara Pembuatan Penyesuaian Stok
C. Mengapa saya tidak bisa generate Surat Jalan / Penerimaan Barang?
Generate Surat Jalan ataupun Penerimaan Barang dari Invoice Penjualan atau Pembelian hanya dapat dilakukan ketika tombol Direct Sales/Purchase yang ada di Dashboard Stok dalam posisi OFF.
D. Pastikan hal-hal berikut ini agar Surat Jalan atau Penerimaan Barang dapat di generate dari Invoice :
Pastikan saat memasukan produk ke invoice, Anda klik "Masukan Produk ke Invoice" lalu pilih Produk, dan mohon untuk tidak ketik manual nama produknya. Pastikan Track Stock produk yang dimasukan ke Invoice itu ON.
E. Kita memiliki beberapa gudang dengan lokasi yang berbeda, bagaimana?
Jika Anda memiliki lokasi gudang penyimpanan lebih dari 1 lokasi (Multi Gudang), maka Anda dapat menambahkan gudang dari menu Inventory/Stok.
F. Fitur multi gudang ini tersedia di semua user Free ataupun Paper+.
Untuk lebih jelasnya tentang cara membuat lokasi gudang bisa mengunjungi link berikut ini: Pembuatan Lokasi.
G. Apakah stok yang sudah tercatat di Paper bisa diedit atau dihapus?
Tidak bisa. Jika ada kesalahan saat menginput stok dan sudah terlanjur tercatat, maka Anda dapat menggunakan fitur Penyesuaian Stok untuk menyesuaikan antara stok di gudang dengan stok yang ada di sistem.
Untuk lebih jelasnya tentang cara membuat Penyesuaian Stok, dapat melihatnya pada link berikut: Cara Membuat Penyesuaian Stok.
H. Apakah surat jalan akan otomatis terintegrasi ke dokumen stok barang atau harus manual?
Otomatis terintegrasi. Apabila Anda adalah penjual, maka saat Surat Jalan keluar, akan mengurangi dari stok barang Anda di Gudang. Begitupun sebaliknya, apabila Anda pembeli, maka saat Surat Jalan masuk, stok Anda di Gudang pun bertambah.
Dengan demikian, saat menggunakan fitur surat jalan, mohon dipastikan direct sales pada akun Anda berstatus OFF, jika statusnya ON, maka saat Anda membuat invoice penjualan beserta surat jalan maka stok akan berkurang double. Hal ini dikarenakan direct sales mempengaruhi tindakan otomatis tambah/kurang stok dari pembuatan invoice.
Catatan:
Untuk mengajukan pertanyaan atau informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Customer Success Paper.id melalui fitur Live Chat atau email ke support@paper.id.
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.