Pemindahan internal merupakan salah satu fitur dari Paper.id yang digunakan untuk memindahkan stok dari lokasi satu ke lokasi yang lain. Untuk cara pembuatan lokasi bisa mengunjungi link berikut ini Cara Membuat Lokasi Baru pada Paper.id
Membuat Pemindahan internal di Paper.id cukup mudah karena dapat dibuat oleh Owner (pemilik) usaha ataupun Admin.
Namun pembuatan Pemindahan internal harus menggunakan Produk yang bertrack stok = ON. Untuk pengertian lebih lanjut tentang pembuatan produk, Anda dapat mengunjungi artikel Cara Membuat Produk pada Paper.id
Ketika Anda ingin memindahkan produk, pastikan produk tersebut sudah tercatat di lokasi asal, jika tidak maka produk Anda tidak akan muncul dan pastikan Stok produk Anda tidak bernilai negatif saat akan melakukan pemindahan internal. Selain itu, Untuk lokasi tujuan pemindahan stok harus dibuatkan dokumen stok terlebih dahulu, Anda bisa membuat penerimaan barang secara manual kemudian delete. Untuk informasi lebih lanjut terkait penerimaan barang dapat mengunjungi artikel Cara Membuat Penerimaan Barang
Pembuatan Pemindahan internal pada Paper.id dapat dilakukan dengan cara :
- Klik menu Produk & Stok > Stok > Dokumen stok > buat Stok dokumen > Pemindahan internal. Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut.
- No. dokumen berguna juga sebagai Nomor urut dari Pemindahan internal tersebut, Anda dapat menggunakan berbagai format yang sesuai untuk kebutuhan bisnis Anda. Setelah Anda menyesuaikan format dan membuat Pemindahan internal, No. dokumen akan naik secara otomatis ke nomor yang belum di gunakan
- Mengisi Tanggal transaksi sebagai tanda kapan Surat jalan dibuat untuk pelanggan. Format telah tersedia jadi Anda dapat mengisinya dengan mudah.
- Lokasi, berisi lokasi asal dan tujuan dari produk tersebut.
a. Pindah dari atau lokasi asal, Merupakan lokasi asal dari produk tersebut untuk dipindahkan ke lokasi lain
b. Pindah ke atau lokasi tujuan, merupakan lokasi tujuan pengiriman dari produk yang ingin Anda pindahkan
5. Mengisi penjelasan produk yang akan dikirimkan kepada pelanggan, mulai dari nama produk, deskripsi, jumlah produk.
6. Klik Add Line jika ada produk lain yang ingin ditambahkan di transaksi pemindahan Internal.
7. Jika ada catatan yang ingin ditambahkan kepada pelanggan, Anda bisa tulis langsung di dalam kolom Description.
8. Setelah Anda melengkapi semua baris yang wajib diisi, Anda dapat menyimpan Penerimaan Barang tersebut dengan dua cara, yaitu Simpan Draft atau Simpan dan Proses.
Apa perbedaan di antara Simpan Draft dengan Simpan dan Proses?
- Simpan draft mengarahkan Pemindahan internal untuk tidak membuat Ayat Jurnal pada accounting.
- Simpan dan Proses akan langsung membuat Ayat Jurnal untuk Pemindahan internal dan akan mengupdate stok FIFO.
Implikasi
Ketika Anda confirm pemindahan internal, akan langsung membuat jurnal entry dan langsung mengupdate stok produk di lokasi yang telah diinput pada pemindahan internal tersebut. Contoh ketika Anda memindahkan produk sambal ACB sebanyak 10 buah dari lokasi A ke lokasi B, maka ketika status pemindahan internal menjadi confirm akan mengurangi stok Sambal ACB pada lokasi A sebanyak 10 dan menambah produk sambal ACB sebanyak 10.
What’s Next?
Related Articles
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.