Purchase Invoice atau Invoice Pembelian merupakan fitur utama pada Paper.Id yang berguna untuk mencatat pembelian atas barang atau jasa, dan juga menghitung jumlah utang.
Pembuatan Invoice Pembelian di Paper.id dapat dilakukan oleh Owner dan Admin. Pembuatan Invoice Pembelian pada aplikasi Paper.Id memiliki dua cara :
- Menyalin dari Purchase Order yang sudah dibuat
- Pada Puchase Order yang telah confirmed, klik tombol •••
- Kemudian muncul pop-up pilihan, pilih menu salin ke Invoice Pembelian lalu lengkapi data di halaman Invoice Pembelian dan klik Simpan.
- Pada Puchase Order yang telah confirmed, klik tombol •••
- Membuat Invoice Pembelian dari menu Invoice
- Klik menu Pembelian, lalu pilih Purchase Invoice
- Untuk membuat Invoice baru, klik Plus (+) yang terletak di kanan bawah.
- Setelah mengklik tombol Plus (+) untuk membuat Invoice Baru, akan muncul halaman baru dan silakan lengkapi kolom-kolom yang wajib diisi.
- Upload Logo Perusahaan, berguna agar pada invoice logo Anda terlampir.
- Mengisi Invoice No. yang berguna sebagai nomor tagihan yang akan terima dari supplier/pemasok. Format dari pembuatan Invoice No. itu bebas sesuai dengan keinginan Anda sebagai pemilik usaha.
- Tanggal Invoice sebagai tanda kapan invoice tersebut diterbitkan oleh supplier/pemasok. Format telah tersedia jadi Anda dapat mengisinya dengan mudah.
- Tanggal Jatuh Tempo sebagai tanggal terakhir pembayaran dari Sales Invoice.
- Mata Uang, untuk saat ini mata uang yang tersedia baru Rupiah
- Memilih Pemasok untuk Invoice Pembelian Anda dengan klik Pilih Pemasok.
- Tambah produk pada Invoice Pembelian dengan klik Tambah Produk. Untuk mengisi produk yang telah Anda input sebelumnya silakan klik tombol kaca pembesar di sudut kanan atas, Anda akan diarahkan untuk memilih produk yang sudah pernah Anda input. Selanjutnya isi penjelasan lainnya mulai dari Deskripsi Produk, Kuantitas, Diskon (jika ada), Harga, dan pajak. Lalu tekan Simpan di kanan bawah layar Anda.
- Jika ada catatan yang ingin ditambahkan, Anda bisa tulis langsung di dalam kolom Keterangan dengan mengklik tombol Pulpen seperti pada gambar.
- Anda bisa menuliskan perihal garansi, persyaratan dll mengenai produk pada Invoice Pembelian di dalam kolom Syarat & Ketentuan dengan mengklik tombol Pulpen seperti pada gambar.
- Langkah terakhir, Anda dapat mengunggah scan tanda tangan Anda ke invoice tersebut pada kotak yang disediakan. Setelah Anda melengkapi semua baris yang wajib diisi, Anda dapat menyimpan Invoice Pembelian tersebut dengan dua cara saat menekan tombol Simpan, yaitu Simpan di draft atau Simpan dan Konfirmasi.
- Jika ada kesalahan dalam membuat Purchase Invoice, Anda juga dapat mengubahnya dengan mudah di Paper.id. Untuk hapus atau ubah Anda hanya perlu untuk Klik tombol ••• pada Purchase Invoice yang akan diubah atau dihapus.
- Klik menu Pembelian, lalu pilih Purchase Invoice
Apa perbedaan di antara Simpan dan Bayar Supplier, Simpan Draft, Simpan dan konfirmasi ?
- Simpan dan Bayar Supplier akan langsung mengarahkan Anda untuk melakukan proses pembayaran menggunakan digital payment Paper.id dengan menggunakan banyak metode pembayaran
- Simpan Draft mengarahkan Purchase invoices untuk tidak membuat Ayat Jurnal pada accounting dan pada laporan keuangannya.
- Simpan dan konfirmasi akan langsung membuat Ayat Jurnal untuk Invoice Pembelian serta menyalin ke laporan keuangannya. Invoice Pembelian yang sudah disimpan akan muncul pada halaman daftar tabel Invoice Pembelian. Jika sebelumnya status Invoice yaitu Draft, maka Anda bisa klik Tindakan lalu pilih Lihat Invoice, setelah invoice terbuka klik Konfirmasi Draft ke Posted.
Implikasi
- Ketika membuat Purchase invoice dengan produk track stock = on ayat jurnal yang di buat bukan sebagai beban pembelian, tetapi menjadi persediaan dalam perjalanan. Dan ini akan berpengaruh kepada persediaan dan HPP.
- Namun ketika membuat Invoice Pembelian dengan produk track stock = off atau membuat manual produk, ayat jurnalnya akan menjadi beban pembelian dan akan langsung tercatat sebagai HPP dan tidak akan menambah persediaan.
- Jika dalam membuat Invoice Pembelian kondisi Direct Sales pada akun Anda Off maka Invoice Pembelian yang Anda buat tidak akan menambah stok dan untuk menambah stok Anda harus membuat Penerimaan Barang.
- Jika dalam membuat Invoice Pembelian kondisi Direct Sales pada akun Anda On maka Invoice Pembelian yang Anda buat akan menambah stok secara otomatis tanpa membuat Penerimaan Barang.
Catatan Penting: secara default, pada saat Anda daftar di Paper.id, Pengaturan pergerakan stok Anda adalah Otomatis Kurangi/Tambahi Stok dari Invoice = On (pada menu Setting --> Pengaturan Stok). Ini berarti bahwa perhitungan stok Anda akan otomatis bertambah pada saat Anda membuat sebuah Invoice Pembelian (Purchase Invoice). Jika Anda ingin perhitungan penambahan stok diambil dari dokumen Penerimaan Barang (fitur berbayar), Anda dapat mengubah Setting ini menjadi Off
Artikel Penting Lainnya :
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.