Order Pembelian (Purchase Order) merupakan salah satu fitur pada Paper.id yang berfungsi sebagai dokumen untuk memesan suatu produk kepada Supplier. Purchase Order berisi nama produk, kuantitas produk yang dibeli, harga produk, serta Terms and Condition dari produk tersebut yang telah disetujui.
Pembuatan order pembelian di aplikasi Paper.id dapat dilakukan oleh Owner dan Admin dengan cara berikut :
- Pilih menu Pembelian > klik Purchase Order.
- Untuk membuat Purchase Orderbaru, klik tombol Plus (+) di sudut kanan bawah tampilan layar Anda
- Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk mengisi data dari Purchase Order tersebut. Silakan mengisi data berikut untuk isi dari Purchase Order yang Anda buat :
A. Kolom No Purchase Order berguna sebagai Nomor urut Order tersebut. Anda dapat menggunakan format bebas sesuai kebutuhan bisnis. Setelah Anda menyesuaikan format dan membuat Purchase Order, Order No. akan naik secara otomatis ke nomor yang belum di gunakan.
B. Mengisi kolom Tanggal Order sebagai tanda pembuatan Order untuk pelanggan, dan Tanggal Loading sebagai tanggal barang tersebut sudah dikeluarkan dari gudang Supplier. Format telah tersedia, sehingga Anda dapat mengisinya dengan mudah.
C. Mengisi Diterima Di untuk lokasi penyimpana barang setelah barang tersebut dikirim dan Tanggal Pengiriman yaitu tanggal saat barang dikirimkan oleh Supplier. Juga mengisi Ref. PO jika ada dokumen tambahan dari Purchase Order lain.
D. Klik Pilih Pemasok untuk memilih pemasok produk yang Anda beli. Lalu pilih dari daftar mitra yang pernah diinputkan di Paper.id. Jika tidak ada, Anda dapat membuat mitra baru dengan cara menekan simbol (+) pada bawah kanan layar Anda.
E. Tambahkan produk pada Purchase Orderdengan cara klik Pilih Produk.
F. Tekan logo kaca pembesar yang ada di sebelah kanan Nama Produk, untuk memilih produk dalam data produk yang sudah Anda buat. Pastikan informasi Nama Produk, Deskripsi Produk, Kuantitas, Harga adalah informasi yang wajib diisi. Lalu tekan Simpan pada kiri bawah layar Anda.
G. Masukkan Keterangan, Syarat dan Ketentuan, dan Tanda Tangan dengan menekan simbol pensil pada sisi kanan dari Keterangan. Jika informasi udah terisi dengan baik, Anda dapat menyimpan Purchase Order tersebut dengan dua cara, yaitu Simpan Draft atau Simpan dan Konfirmasi.
Apa perbedaan di antara Simpan Draft, Simpan dan Konfirmasi dengan Simpan dan Kirim?
- Simpan draft mengarahkan purchase Orders untuk tidak dapat disalin ke purchase invoice.
- Simpan dan Konfirmasi akan membuat purchase Order bisa disalin ke purchase Invoice.
4. Jika ada kesalahan dalam membuat Purchase Order, Anda dapat mengubah dan menghapus dengan mudah dengan klik Tombol ••• pada purchase order yang ingin diubah atau dihapus. Lalu Anda bisa memilih ingin mengubah atau menghapus Purchase Order.
Implikasi
Ketika purchase Order dibuat, Anda dapat menyalinnya ke purchase invoice dengan syarat purchase order sudah berstatus Confirm. Purchase Order yang sudah terbuat tidak akan menambah jumlah stok walaupun statusnya sudah Confirm. Stok akan bertambah jika Anda sudah membuat Purchase Invoice dengan status Confirm.
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.