Invoice Down Payment atau Invoice Uang Muka merupakan fitur pada Paper.Id yang berguna untuk mencatat tagihan uang muka atas invoice barang dan jasa yang telah Anda buatkan ke pelanggan.
Pembuatan Invoice Down Payment atau Invoice Uang Muka di Paper.id dapat dilakukan oleh Owner, Admin dan Marketing. Cara untuk membuat Invoice Uang Muka memiliki dua cara:
1.Melalui dari Invoice Penjualan yang sudah dibuat :
- Klik menu Invoice, lalu pilih Invoice Penjualan
- Klik invoice yang ingin dibuatkan Invoice Uang Muka, lalu pilih Lihat Invoice
- Klik Invoice Down Payment / Invoice Uang Muka yang terdapat pada sisi kanan kolom Opsi Lain, lalu klik Buat/Pilih Invoice Uang Muka
- Pilih Buat Invoice Uang Muka > Lanjut
- Setelah mengklik Lanjut, lengkapi kolom-kolom yang wajib diisi yang ditandai oleh bintang merah. Untuk pelanggan sudah terkunci untuk menandakan keterikatan dengan Invoice Penjualannya yang tercatat pada Dokumen Referensi.
2. Membuat Invoice Down Payment dari sub-menu Invoice Uang Muka
- Klik menu Invoice, lalu pilih Invoice Penjualan.
- Pada tab sub-menu, pilih Invoice Uang Muka, lalu klik +Invoice Uang Muka
- Selanjutnya lengkapi informasi untuk Invoice Down Payment.
Berikut informasi untuk membuat Invoice Down Payment:
a. Invoice No. berguna juga sebagai Nomor dari Invoice Uang Muka tersebut, Anda dapat menggunakan berbagai format yang sesuai untuk kebutuhan bisnis Anda. Setelah Anda menyesuaikan format dan membuat Invoice Down Payment, Invoice No. akan naik secara otomatis ke nomor yang belum di gunakan
b. Invoice Date sebagai tanda kapan tagihan uang muka itu dibuat untuk pelanggan. Format telah tersedia jadi Anda dapat mengisinya dengan mudah.
c. Tanggal Jatuh Tempo sebagai tanggal terakhir pembayaran dari Invoice Down Payment.
d. Terms sebagai tenggang waktu pembayaran yang dibuat oleh penjual kepada pembelinya.
e. Pelanggan atau Customer yang akan dibuatkan Invoice Uang Muka.
- Jika Anda melalui cara A, maka kolom pelanggan akan terkunci
- Jika Anda melalui cara B, maka Anda dapat memilih Pelanggan
f. Mengisi penjelasan dari Invoice Uang Muka seperti Deskripsi dan Jumlah Uang muka.
g. Jika ada catatan yang ingin ditambahkan kepada pelanggan, Anda bisa tulis langsung di dalam kolom Keterangan.
h. Anda bisa menuliskan perihal garansi, persyaratan dll mengenai produk Anda di dalam kolom Syarat & Ketentuan.
i. Setelah Anda melengkapi semua baris yang wajib diisi, Anda dapat menyimpan Invoice Down Payment tersebut dengan dua cara, yaitu Simpan sebagai draft, Simpan dan Konfirmasi, dan Simpan dan Kirim.
Apa perbedaan di antara Simpan sebagai draft, Simpan dan Konfirmasi, serta Simpan dan Kirim?
- Simpan sebagai Draft mengarahkan Invoice Down Payment untuk tidak membuat Ayat Jurnal pada accounting. Anda tidak akan dapat mengirim invoice down payment tersebut.
- Simpan dan Konfirmasi akan langsung membuat Ayat Jurnal untuk Invoice Down Payment. Invoice Down Payment yang sudah disimpan akan muncul pada halaman daftar tabel Invoice Down Payment atau Invoice Uang Muka.
- Simpan dan Kirim akan langsung mengirimkan invoice tersebut ke email Client Anda dan akan langsung membuat ayat jurnalnya. Invoice Down Payment. Invoice Down Payment yang sudah disimpan akan muncul pada halaman daftar tabel Invoice Down Payment atau Invoice Uang Muka.
a Apabila Anda telah menyelesaikan proses pembuatan invoice down payment dengan memilih pilihan Simpan dan Konfirmasi, maka Anda dapat mengirimkan Invoice Down Payment tersebut dengan memilih tombol Kirim yang ada pada bagian kanan atas.
b. Cara lain untuk mengirim Invoice Down Payment adalah menggunakan tombol Tindakan yang ada pada tabel Invoice Down Payment. Klik tombol Tindakan > Kirim invoice
Jika ada kesalahan dalam membuat Invoice Down Payment, Anda juga dapat mengubah atau menghapusnya dengan mudah di Paper.id. Berikut cara mengubah atau menghapus Invoice Down Payment di Paper.id:
1. Klik menu Penjualan > Sales Invoice atau Invoice Penjualan
2. Lalu pilih Invoice Down Payment atau Invoice Uang Muka
3. Setelah itu, muncul daftar Invoice Down Payment yang telah Anda buat
4. Pilih salah satu invoice yang Anda ingin ubah datanya. Klik Tindakan > Ubah atau Tindakan > Hapus
Implikasi
Invoice Uang Muka yang dibuat di Paper.id sebagai pengurang nilai invoice yang ada, tidak bisa dihubungkan dengan beberapa invoice atau dibuat sebagai deposit dengan nilai invoice yang lebih besar.
Jika membuat Invoice down payment dari Invoice Penjualan, maka status Invoice Penjualan akan partially paid, dan jumlah terhutangnya akan berkurang sesuai dengan invoice uang muka.
Ayat jurnal atau Journal Entry yang terbuat dari Invoice Down Payment akan termasuk pada Akun Akunting Kewajiban kategori Hutang Non-Usaha, yaitu Penjualan dimuka in transit dan Pendapatan diterima di muka.
1. Pembuatan Invoice Down Payment:
- Penjualan dimuka in transit (Credit)
- Piutang Usaha (Debit)
2. Menyambungkan Invoice Down Payment dengan Invoice Penjualan:
- Piutang Usaha (Credit)
- Pendapatan diterima di muka (Debit)
3. Saat membuatkan Pembayaran Masuk atas Invoice Down Payment:
- Pendapatan diterima di muka (Credit)
- Piutang Usaha (Credit)
- Penjualan dimuka in transit (Debit)
- Kas/Bank (Debit)
Setelah invoice selesai diubah, maka akan ikut mengubah jurnal entry sesuai dengan nilai ketika invoice di ubah. Begitu pula untuk jumlah piutang, dan status invoice akan mengikuti sesuai dengan apa yang Anda ubah.
Related Articles
Menghapus Invoice Down Payment
Cara Menghubungkan Invoice Down Payment dengan Invoice Penjualan
Cara Membuat Invoice Penjualan
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.