Bagi User fitur PaperChain merupakan fitur penerima pesan dan pengiriman dokumen dari Mitra, agar komunikasi dan pengiriman menjadi lebih mudah.
Apakah Manfaat PaperChain, Menyetujui atau Menolak Invoice untuk Bisnis Anda?
Terdapat dua menu di PaperChain :
- BuyerConnect : menu untuk Anda sebagai Penjual berkomunikasi ke Pembeli (Buyer) Anda
- SellerConnect : menu untuk Anda sebagai Pembeli berkomunikasi ke Penjual (Seller) Anda
Bagaimana Cara Menggunakan PaperChain sebagai Penerima Invoice Penjualan?
Jika Anda sebagai Penjual, langkah pertama menggunakan fitur ini adalah dari pengiriman invoice, detailnya sebagai berikut:
A. BuyerConnect (pengirim invoice)
1. Kirim Invoice Penjualan
a. Pertama, mohon dipastikan bahwa mitra memiliki email aktif dan bisa diakses. Pengiriman Invoice Penjualan dapat melalui Email, WhatsApp dan SMS.
b. Setelah Invoice Penjualan sudah terkirim, akan terlihat status terkirim pada invoice dan pada preview invoice akan muncul menu Chat dengan partner.
c. Ketika User mengeklik fitur Chat dengan partner, maka akan langsung masuk ke dashboard Lihat dokumen pada BuyerConnect PaperChain (setelah membuat Invoice Penjualan dan dikirim ke Mitra, akan otomatis masuk pada daftar BuyerConnect pada dashboard PaperChain). Pada halaman ini Anda bisa melihat secara lengkap terkait invoice, chatting dengan partner, dan juga terdapat fitur Tindakan (Lihat Dokumen atau Unduh PDF).
d. Silakan tunggu mitra Anda membalas chat yang sudah dikirim dan melakukan tindakan terhadap invoice tersebut.
2. Dashboard PaperChain
a. Menu BuyerConnect, pada menu ini akan menampilkan semua Invoice Penjualan yang sudah dibuat dan dikirim ke Mitra. Pada halaman ini yang perlu diperhatikan adalah Semua Aktivitas & Chat, Status, Chat terbaru , dan Tindakan.
b. Untuk melihat update aktivitas terbaru dan balasan chat terakhir bisa pilih Semua Aktivitas & Chat
c. Selanjutnya Anda bisa memilih tindakan lihat dokumen untuk melihat detail invoice dan chat langsung dengan mitra kembali. Jika sudah disetujui maka status dokumen akan berubah menjadi disetujui.
Jika Anda sebagai Pembeli, langkah pertama menggunakan fitur ini adalah dari aktivasi akun, detailnya sebagai berikut:
B. SupplierConnect (Penerima Invoice)
1. Belum Memiliki akun Paper.id ataupun akun PaperChain
a. Cek email dari Paper.id yang berisi invoice tagihan dari supplier, lalu pilih Terima Invoice atau Lihat Invoice terlebih dahulu (disarankan).
b. Setelah pilih lihat invoice, akan diarahkan ke halaman Payper. Anda bisa melihat detail invoicenya serta bisa pilih balas pesan dan chatting dengan supplier invoice tersebut.
c. Jika invoice ingin direvisi, Anda bisa langsung chat supplier dengan pilih "Balas Pesan". Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman aktivasi akun PaperChain, selanjutnya, Anda hanya butuh login apabila Anda mendapat tagihan dari Paper.id kembali.
d. Setelah aktivasi akun PaperChain Berhasil, Anda akan langsung masuk pada halaman PaperChain Paper.id pada menu SupplierConnect.
e. Setelah melihat list dokumen pada SupplierConnect, Anda bisa melihat update terbaru dari dokumen tersebut dengan pilih "Semua Aktivitas & Chat". Untuk membalas chat dan lihat detail dokumen, bisa pilih lihat dokumen, untuk mengunduh dokumen bisa pilih Unduh PDF, selain itu Anda juga bisa langsung memilih Terima atau Tolak Invoice tersebut.
f. Fitur menu Tindakan juga bisa dilakukan saat memilih lihat dokumen dan chat dengan supplier.
2. Sudah memiliki akun Paper.id dan akun PaperChain
Setelah melihat invoice pada halaman Payper, jika Anda sudah memiliki akun Paper.id atau akun PaperChain sebelumnya, maka proses selanjutnya saat akan membalasa pesan ke supplier, Anda langsung diarahkan ke halaman login. Pada halaman login ini silakan masuk dengan email yg sudah terdaftar pada Paper.id atau yang sudah diaktivasi untuk akun PaperChain.
Supplier yang sudah terdaftar sebagai pengguna Paper.id dan hanya sebagai pengguna PaperChain tidak sama. Jika sudah terdaftar sebagai pengguna Paper.id maka akan masuk ke halaman utama Paper.id secara lengkap. Selanjutnya silakan ke menu PaperChain -> pilih SupplierConnect. Namun untuk akun yg hanya terdaftar untuk PaperChain, tampilannya hanya ada menu PaperChain. Jika sudah terdaftar sebagai user Paper.id, supplier Anda bisa langsung menyalin dokumen SupplierConnect ke Invoice Pembelian.
What's next?
Langkah awal untuk menggunakan Paper.id
Related Articles
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.