Artikel ini akan membahas bagaimana mengatur (setting) invoice Anda. Setting invoice digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda, seperti memilih template invoice yang sesuai dengan bisnis Anda. Paper.id memudahkan Anda dalam mengirim invoice atau tagihan ke pelanggan. Pengaturan invoice hanya dapat diakses oleh pengguna yang berjenis Owner.
Adapun cara-cara Setting Invoice Penjualan dan Pembelian di Paper.id adalah sebagai berikut :
-
Masuk ke Menu Pengaturan > pilih Invoice
-
Pada tab Invoice Penjualan dan Invoice Pembelian terdapat toggle On/Off yang dibagi dua kategori, yaitu Komponen Invoice (Kode Produk (SKU), Biaya Kirim, dan Pengingat Pembayaran) dan Tabel (Produk, Deskripsi, Kuantitas, Satuan, Harga, Diskon, Pajak, dan Jumlah). Anda juga bisa mengubah template invoice dengan klik Ubah
- Jika Anda ingin membuat Syarat dan Ketentuan dan Keterangan secara default, maka bisa diisikan pada bagian bawah.
- Anda bisa memilih template invoice dari 8 jenis template PDF Invoice yang tersedia. Anda dapat klik Ubah untuk memilih template yang ada atau klik Default untuk menggunakan template default.
- Selanjutnya Anda bisa memilih template invoice dari 8 jenis Template PDF Invoice yang tersedia. Anda dapat mengklik sekali lagi pada template yang Anda pilih untuk melihat template lebih jelas.
- Anda dapat memasukan Tanda Tangan pada invoice Anda. Cukup klik tombol Unggah Tanda Tangan. Maksimal ukuran file 20MB dengan format JPEG, PNG atau GIF. Setelah itu, Anda dapat mengisi Nama tertera pada Tanda Tangan
- Terakgir, klik Simpan maka pengaturan Invoice Anda akan segera terganti. Namun yang diubah pada Pengaturan Invoice ini hanya berlaku untuk invoice baru yang akan dibuat, dan tidak mengubah invoice yang sebelumnya sudah Anda buatkan di Paper.id
Komponen Invoice
- Jika tombol Kode Produk (SKU) dalam posisi OFF, maka kode SKU produk tidak akan muncul saat penginputan produk di Invoice.
- Jika tombol Biaya Kirim dalam kondisi OFF, maka biaya kirim tidak akan muncul di Invoice
- Jika tombol Pengingat Invoice dalam kondisi OFF, maka invoice reminder tidak akan berjalan.
Tabel
-
- Jika tombol Produk, Deskripsi, Kuantitas, Satuan Harga, Pajak, Diskon dan Jumlah dalam posisi OFF, maka kolom-kolom tersebut akan menyembunyikan kolom pada menu lihat invoice dan PDF
Implikasi
-
- Bagian pertama untuk mengubah penamaan pada Produk, Deskripsi, Kuantitas, Harga, Diskon, Pajak, dan Jumlah. Penamaan ini yang nantinya akan ditampilkan pada template invoice Anda.
- Bagian kedua yaitu Keterangan, untuk menambahkan keterangan tambahan dari invoice. Jika diisi, maka akan selalu muncul di setiap invoice baru yang Anda buat.
- Bagian ketiga yaitu Syarat dan Ketentuan Awal. Jika syarat dan ketentuan diisi, akan selalu muncul untuk setiap invoice baru yang Anda buat.
-
Jika memasukan foto Tanda Tangan Anda, maka tanda tangan akan selalu muncul untuk setiap invoice baru yang Anda buat.
-
Setelah Anda memilih template Invoice, setiap invoice baru yang Anda buat akan terganti sesuai dengan template invoice yang Anda pilih.
Informasi Terkait :
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.