Artikel ini akan membahas bagaimana mengatur (setting) invoice Anda. Setting Invoice digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda seperti memilih template invoice yang sesuai dengan bisnis Anda. Paper.id memudahkan Anda dalam mengirim invoice atau tagihan ke pelanggan. Saat ini pengaturan invoice di menu settings/pengaturan hanya dapat di akses oleh role owner.
Adapun cara-cara Setting Invoice Penjualan dan Pembelian di Paper.id adalah sebagai berikut:
-
Masuk ke Menu Pengaturan > Invoice.
- Pada Tab Invoice Penjualan dan Invoice Pembelian terdapat tombol On Off yang dibagi dua kategori Komponen Invoice (Kode Produk (SKU), Biaya Kirim, Pengingat Pembayaran) dan Tabel (Produk, Deskripsi, Kuantitas, Satuan, Harga, Diskon, Pajak, dan Jumlah. Untuk komponen tabel, Anda juga dapat mengganti penamaan dengan klik Ubah.
- Jika Anda ingin membuat Syarat dan Ketentuan dan Keterangan secara default maka bisa diisikan di kolom yang telah disediakan.
- Selanjutnya Anda bisa memilih template invoice dari 8 jenis Template PDF Invoice yang tersedia. Anda dapat mengklik Ubah untuk memilih template yang ada atau klik Default untuk menggunakan template default.
- Terakhir, Anda dapat memasukan Tanda Tangan pada invoice Anda. Anda cukup klik tombol Unggah Tanda Tangan. Maksimal ukuran file 20MB dengan format JPEG, PNG atau GIF. Setelah itu, Anda dapat memasukan Nama tertera pada TTD.
-
Klik Simpan maka Setting Invoice Anda akan segera terganti. Namun yang diubah pada Pengaturan Invoice ini hanya berlaku untuk invoice baru yang akan dibuat
Komponen Invoice
- Jika tombol Kode Produk (SKU) dalam posisi OFF, maka kode SKU produk tidak akan muncul saat penginputan produk di Invoice.
- Jika tombol Biaya Kirim dalam posisi OFF, maka biaya kirim tidak akan muncul di Invoice
- Jika tombol Pengingat Invoice berada pada OFF, maka invoice reminder tidak akan berjalan.
Tabel
-
- Jika tombol Produk, Deskripsi, Kuantitas, Satuan Harga, Pajak, Diskon dan Jumlah dalam posisi OFF, maka kolom-kolom tersebut akan menyembunyikan kolom pada menu lihat invoice dan PDF
3. Pada Tab Invoice Penjualan dan Invoice Pembelian terdapat tombol On Off yang dibagi dua kategori Komponen Invoice (Kode Produk (SKU), Biaya Kirim, Pengingat Pembayaran) dan Tabel (Produk, Deskripsi, Kuantitas, Satuan, Harga, Diskon, Pajak, dan Jumlah.
Implikasi - 2
-
- Bagian pertama untuk mengubah penamaan pada Produk, Deskripsi, Kuantitas, Harga, Diskon, Pajak, dan Jumlah. Penamaan ini yang nantinya akan ditampilkan pada template invoice Anda.
- Bagian kedua yaitu Keterangan, untuk menambahkan keterangan tambahan dari invoice. Apabila diisi, maka akan selalu muncul untuk setiap invoice yang Anda buat.
-
Bagian ketiga yaitu Syarat dan Ketentuan Awal. Jika syarat dan ketentuan diisi, akan selalu muncul untuk setiap invoice yang Anda buat.
-
Selanjutnya, Anda dapat memasukan Tanda Tangan pada invoice Anda. Anda cukup klik tombol Unggah Tanda Tangan. Maksimal ukuran file 20MB dengan format JPEG, PNG atau GIF. Setelah itu, Anda dapat memasukan Nama tertera pada TTD.
Implikasi - 3
Jika memasukan tanda tangan Anda, maka tanda tangan akan selalu muncul untuk setiap invoice yang Anda buat.
-
Selanjutnya Anda bisa memilih template invoice dari 8 jenis Template PDF Invoice yang tersedia. Anda dapat mengklik sekali lagi pada template yang Anda pilih untuk melihat template lebih jelas.
Implikasi - 4
Setelah Anda memilih template Invoice, setiap invoice yang Anda baru buat akan terganti sesuai dengan Template invoice yang Anda pilih.
-
Klik Simpan Pengaturan maka Setting Invoice Anda akan segera terganti. Namun yang diubah pada Pengaturan Invoice ini hanya berlaku untuk invoice baru yang akan dibuat.
What’s next?
Related Articles
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.