Setelah Anda membuat Invoice Pembelian di Paper.id, maka akan langsung terhubung dengan fitur akunting untuk pembukuan dan fitur keuangan untuk mengetahui pengeluaran secara real time. Setelah Anda membayar ke supplier, maka langkah selanjutnya adalah membuat kuitansi pembelian. Pembuatan kuitansi pembelian di Paper.id dapat dilakukan oleh Owner, Admin dan Marketing
Membuat kuitansi pembelian untuk pembayaran Purchase Invoice di Paper.id juga dapat dilakukan dengan dua metode, yakni dicatat secara manual maupun dari pembayaran digital melalui fitur PaperPay Out yang bisa Anda cek melalui artikel berikut PaperPay Out Bayar ke Supplier.
Untuk membuat kuitansi pembelian secara manual terdiri dari 3 cara berikut :
1. Membuat Kuitansi Pembelian dari menu Pembelian
a. Klik menu Pembelian > Kuitansi Pembelian.
b. Kemudian klik tombol Buat Kuitansi Pembelian di pojok kanan atas.
c. Pada tampilan Terima Pembayaran untuk Invoice, isi kolom Pembayaran Dari dengan nama supplier yang membayarkan tagihannya.
- Tanggal berisikan tanggal kapan uang tersebut dibayar oleh Anda ke supplier
- Metode Pembayaran berisikan cara pembayaran yang digunakan oleh Anda untuk membayar ke Supplier.
- Akun Keuangan menentukan pembayaran tersebut akan keluar ke akun anda yang mana.
- Di kolom Catatan, Anda bisa mencatatkan informasi tambahan terkait dengan pembayaran ke supplier.
- Pada kolom Kepada Invoice, pilih invoice yang akan dibuatkan pembayarannya dengan klik tombol Pilih Invoice Pembelian. Setelah itu akan muncul invoice yang masih berstatus Unpaid, Partially Paid atau Overdue. Centang invoice yang akan dibuatkan kuitansi, kemudian klik Simpan.
- Setelah itu data-data invoice akan tertera di kolom Kepada Invoice. Ketik manual jumlah pembayarannya pada kolom Jumlah Terbayar. Jika sudah selesai, klik Simpan Pembayaran Keluar.
- Jika jumlah pembayaran sudah dibayar penuh, status invoice akan menjadi Paid. Namun apabila invoice baru dibayar sebagian, invoice akan berstatus Partially Paid.
2. Membuat Kuitansi Pembelian dari menu Lihat Invoice Pembelian
a. Pilih dan buka invoice yang ingin dibuat pembayarannya.
b. Klik Tindakan di pojok kanan atas, lalu pilih Buat Kuitansi Pembelian.
c. Setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut. Anda dapat mengisi kolom-kolom yang wajib diisi, yang ditandai dengan ikon bintang kecil berwarna merah.
- Tanggal pembayaran berisikan jadwal kapan uang tersebut dikeluarkan oleh Anda.
- Metode Pembayaran berisikan cara pembayaran yang digunakan Anda untuk membayar tagihan invoice.
- Jumlah berisikan jumlah tagihan yang sudah dibayar oleh Anda ke supplier.
- Akun Keuangan, menentukan pembayaran tersebut akan keluar akun anda yang mana.
- Di kolom Catatan, Anda bisa mencatatkan informasi tambahan terkait dengan pembayaran uang ke supplier Anda.
- Setelah semua kolom terisi, klik Simpan Pembayaran Keluar. Jika pembayaran dilakukan secara penuh, invoice akan berstatus Paid. Namun jika invoice dibayar sebagian, maka status invoice menjadi Partially Paid.
Jika ada kesalahan dalam pembuatan Kuitansi Pembelian diatas, Anda bisa mengubah atau hapus kuitansi dengan cara berikut :
- Masuk menu Pembelian
- Pilih Kuitansi Pembelian
- Terdapat daftar semua Pembayaran Keluar yang sudah Anda buat.
- Pilih Pembayaran Keluar yang ingin dihapus
- Klik tombol Tindakan, lalu akan muncul 4 pilihan yakni Kirim Kuitansi, Lihat Kuitansi, Ubah, dan Hapus. Pilih Hapus untuk menghapus pembayaran dan pilih Ubah untuk mengubah pembayaran.
Implikasi
Ketika kuitansi sudah dibuat, maka itu juga ikut membuat transaksi keuangan dan membuat jurnal entrynya dan akan langsung mengurangi dana di akun keuangan yang dipilih dan akan mengurangi hutang usaha pada invoice yang dipilih dan di laporan.
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.