Purchase Order merupakan salah satu fitur pada Paper.Id yang berfungsi sebagai dokumen yang digunakan untuk memesan suatu produk kepada Supplier. Purchase Order berisi nama produk, kuantitas produk yang dibeli, harga produk, serta Terms and Condition dari produk tersebut yang telah disetujui.
Pembuatan purchase Order di Paper.id dapat dilakukan oleh Owner dan Admin.
Pembuatan purchase Order di Paper.Id dapat dilakukan dengan cara :
1.Klik menu Pembelian > Order Pembelian > Buat Purchase Order Baru
2. Setelah klik Buat Purchase Order Baru, maka akan muncul tampilan sebagai berikut
a. Mengisi kolom Pemasok sebagai pengirim barang yang Anda pesan
b. Mengisi kolom Tanggal sebagai tanda kapan Order itu dibuat untuk pelanggan. Format telah tersedia jadi Anda dapat mengisinya dengan mudah.
c. Mengisi kolom No.Purchase Order berguna juga sebagai Nomor urut dari Order tersebut, Anda dapat menggunakan berbagai format yang sesuai untuk kebutuhan bisnis Anda. Setelah Anda menyesuaikan format dan membuat purchase Orders, Order No. akan naik secara otomatis ke nomor yang belum di gunakan
d. Mengisi kolom Diterima Di untuk lokasi penyimpana barang setelah barang tersebut dikirim.
e. Mengisi kolom Ref.PO jika ada dokumen tambahan dari Purchase Order lain.
f. Mengisi kolom Tanggal Loading, yaitu tanggal barang tersebut sudah dikeluarkan dari gudang Supplier.
g. Mengisi kolom Tanggal Pengiriman, yaitu tanggal saat barang dikirimkan oleh Supplier.
h. Mengisi penjelasan produk yang dijual kepada pelanggan, mulai dari nama produk, deskripsi, jumlah produk, diskon (jika ada), pajak dan jumlah keseluruhan setelah dihitung secara total.
i. Klik Add Line jika ada produk lain yang ingin dibuatkan tagihan kepada pelanggan. Kemudian, klik Add Product to Order untuk menampilkan seluruh produk Anda yang telah disimpan sebelumnya.
j. Pajak bisa dipilih inclusive atau exclusive. Inclusive berarti harga produk tersebut sudah termasuk dengan pajak. Dan untuk exclusive, harga produk tidak termasuk dan akan ditambahkan pajak. Dan ini akan berpengaruh terhadap isi dari jurnal entrynya.
k. Diskon diisi dengan “%” dari total harga produk, ketika diskon terisi akan berpengaruh terhadap isi dari jurnal entrynya. Juga akan berpengaruh ketika penjualan bersih aktif
l. Qty bisa diisi dengan angka desimal, namun tidak bisa diisi dengan nilai kosong
m. Global Diskon pada bagian bawah, akan dibagi ke semua produk dengan persenan nilai dari total nilai produk tersebut.
n. Jika ada catatan yang ingin ditambahkan kepada pelanggan, Anda bisa tulis langsung di dalam kolom Description.
o. Langkah terakhir, Anda bisa menuliskan perihal garansi, persyaratan dll mengenai produk Anda di dalam kolom Term and Condition.
p. Setelah Anda melengkapi semua baris yang wajib diisi, Anda dapat menyimpan Purchase Order tersebut dengan tiga cara, yaitu Simpan Draft, Simpan dan Konfirmasi, atau Simpan dan Kirim
Apa perbedaan di antara Simpan Draft, Simpan dan Konfirmasi atau Simpan dan Kirim?
- Simpan draft mengarahkan Purchase Orders untuk tidak dapat disalin ke Purchase Invoice.
- Simpan dan Konfirmasi akan membuat Purchase Order bisa disalin ke Purchase Invoice.
- Simpan dan Kirim akan membuat Purchase Order bisa disalin ke Purchase Invoice dan di kirim ke supplier.
Jika ada kesalahan dalam membuat Purchase Order, Anda juga dapat mengubah atau menghapusnya dengan mudah di Paper.id. Cara Mengubah Purchase Order di Paper.id adalah dengan cara memilih order yang ingin dihapus dan diubah kemudian klik Tindakan > Ubah atau Tindakan > Hapus.
Implikasi
Ketika purchase Order dibuat, Anda dapat menyalinnya ke purchase invoice dengan syarat purchase order sudah berstatus Confirm. Purchase Order yang sudah terbuat tidak akan menambah jumlah stok walaupun statusnya sudah Confirm. Stok akan bertambah jika Anda sudah membuat Purchase Invoice dengan status Confirm.
What’s next?
Related Articles
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.